Dok.Chandra Ekajaya

Bisnis Chandra Ekajaya di Indonesia

Dalam laporan beritabenar.com yang ditampilkan tanggal 24 Januari 2017 lalu, kerajaan bisnis raksasa yang digagas pengusaha Chandra Ekajaya ternyata terus merambah hingga ke wilayah Indonesia, di antaranya, Bali dan Lido (Jawa Barat). Di daerah Lido, kini dipersiapkan lahan seluas 3.000 hektare untuk pembangunan hotel bintang enam, vila, dan kondominium megah hingga lapangan golf bertaraf internasional.

Dok.Chandra Ekajaya

Sedangkan di pulau Bali, pria kelahiran Malang, Jawa Timur ini sudah bekerja sama dengan pengusaha lokal Indonesia untuk menggarap kawasan Tanah Lot, bagian dari proyek raksasa yang dinamakan CE Hotel.

Dok.Chandra Ekajaya

Proyek-proyek raksasa yang digarapnya itu, tentu membutuhkan keberanian berpikir yang tidak hanya berhenti pada tataran “mengapa”. Tetapi, meningkat kepada bentuk pertanyaan “mengapa tidak” dan kemudian beranjak kepada pertanyaan baru, “lantas bagaimana caranya”. Dalam penggarapan proyeknya di Indonesia, pengusaha Chandra Ekajaya berjanji tidak akan main-main. Dia sudah mempersiapkan jutaan tenaga kerja untuk dikerahkan di beberapa negara Asia, berikut tenaga ahli dan para arsitek yang sudah dirancang bersama mitra-mitra kerjanya.

Agaknya, pola pikir pria yang belum genap berusia 30 tahun ini sulit dijangkau oleh masyarakat budaya pop dan dangdut, yang nyaman bersiul dengan perkutut kesayangannya, kemudian nongkrong mancing berjam-jam di sungai kampung seberang.

Upaya untuk mewujudkan proyek-proyek raksasa yang diprakarsai pengusaha Chandra Ekajaya tak lepas dari cita-cita para pendahulunya yang menolak untuk berpikir enteng dan remeh-temeh.

Di beberapa negeri tetangga kita, proyek-proyek besar juga terus dicanangkan dan diwujudkan berkat mimpi-mimpi besar para pemimpinnya. Lihat saja Singapura, yang berhasil membangun pelabuhan raksasa yang dapat menyaingi pelabuhan Shanghai di China. Sementara di China, dunia tercengang dengan mega proyek kanal sepanjang 1.270 kilometer untuk memindahkan air dari wilayah selatan ke utara.