Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya – Tips Ampuh Bagi Pengusaha Muda yang Ingin Ternak Ayam

Chandra Ekajaya – Tips Ampuh Bagi Pengusaha Muda yang Ingin Ternak Ayam

Chandra Ekajaya, Jakarta – Bagi para pemula yang ingin menjalankan bisnis, pasti terbesit untuk membuka usaha peternakan ayam bukan? Ayam sendiri merupakan komoditi yang paling dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, ayam juga menjanjikan profit yang sangat besar sehingga bisnis ini menjadi incaran bagi para pengusaha pemula.

Untuk memulai berternak Ayam pastinya banyak yang harus di persiapkan agar daging yang dihasilkan berkualitas bagus dan tentunya laku di pasaran. Sebelum memulai, pastikan kalian sudah memilih ayam berjenis apa yang akan dikembang biakan.

Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya

Saat ini, para peternak seringkali memilih dua jenis ayam yakni ayam ras dan juga ayam kampung. Kedua ayam ini tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Untuk ayam kampung sangat mudah untuk diternak namun sayang dagingnya yang keras membuat ayam jenis ini tidak laku dipasaran. Sedangkan untuk ayam berjenis ras memiliki sistem tenak yang lebih sulit dan juga mudah mati. Namun jika kalian rajin melakukan pemeliharaan, ayam berjenis ini akan lebih menguntungkan karena sebagian masyarakat sangat menyukai daging yang dihasilkannya. Jadi jika kalian bertanya kepada penulis, Chandra Ekajaya lebih memilih ayam berjenis ras untuk di bisniskan.

Setelah memutuskan ayam jenis apa yang akan diternak, kalian juga harus memikirkan strategi jitu untuk memutuskan berapa kapasitas kandang dan jumlah ayam yang akan diternak. Setelah peternakan berjalan, pastikan setiap ayam yang diternakan sehat dan jauh dari penyakit. Siapkan obat-obatan dan bersihkan kandang secara teratur agar penyakit tidak menyebar.

Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya

Peternakan ayam sudah mulai menghasilkan ketika ayam sudah besar dan juga memiliki telur. Telur yang ditetaskan melalui mesin penetas bisa dijual ke warung disekitar peternakan ataupun para distributor dan pengepul yang siap menampung telur hasil peternakan anda. Untuk dagingnya sendiri jangan khawatir, karena daging ayam memang sangat diperlukan untuk para pedagang mulai dari penjual sate, mie ayam, ayam bakar, dan lain-lainnya.

Well, semoga bermanfaat ya artikel Chandra Ekajaya hari ini!