bonek

Dilarang Menuju Senayan, Bonek Digiring ke Stadion Tugu Jakarta Utara

Para pendukung kesebelasan Persebaya atau yang dikenal dengan nama Bonek terus berdatangan ke Jakarta menggunakan kereta api dan turun di stasiun Pasar Senen. Kedatangan Bonek ini sendiri ke Jakarta sejatinya karena ingin berunjuk rasa atas klub sepakbola kesayangan mereka yang dibekukan oleh PSSI. Mereka dari Surabaya sebenarnya ingin menuju ke kantor PSSI yang berada di GBK, Senayan dan gedung Kemenpora, dan Istana Negara.

bonek

bonek

Namun karena dengan tujuan keamanan dan untuk menghindari bentrok dengan pendukung Persija yaitu Jakmania, maka Polres Metro Jakarta Pusat bersama Polda Metro Jaya berjaga di stasiun Pasar Senen untuk mengawasi dan mengawal kedatangan mereka.

Selain itu Polres Metro Jakarta juga membawa para suporter yang lekat dengan baju berwarna hijaunya tersebut ke Stadion Tugu yang berada di Jakarta Utara. Para supporter ini diarahkan dengan menggunakan bus besar dan juga Metromini ke Jakarta Utara. Alasan pemindahannya ini selain demi keamanan, juga karena di Senayan sendiri sedang berlangsung KTT Forum Ekonomi Islam Dunia, sehingga dikhawatirkan akan mengganggu acara tersebut.

Awalnya dalam sebuah diskusi antara polisi dan Bonek tersebut, para pendukung kesebelasan Surabaya tersebut menolaknya, hingga akhirnya negosiasi yang terus berlanjut tersebut diterima oleh Bonek dan mereka mengikuti arahan polisi untuk ditempatkan di tempat yang telah ditetapkan oleh polisi.

Sejak tadi malam sudah ada sekitar 180 bonek yang datang, dan tadi pagi menyusul 465 bonek.