Indonesia Akan Merasakan Jaringan 5G Pada Tahun 2020

Indonesia Akan Merasakan Jaringan 5G Pada Tahun 2020

Indonesia Akan Merasakan Jaringan 5G Pada Tahun 2020

Indonesia Akan Merasakan Jaringan 5G Pada Tahun 2020

Indonesia Akan Merasakan Jaringan 5G Pada Tahun 2020. Setelah merilis jaringan 4G, sejumlah negara bersiap meluncurkan koneksi 5G yang merupakan penerus jaringan 4G LTE. Di Indonesia sendiri, koneksi 4G belum sepenuhnya menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia.

Negara Jepang dan Korea akan mengusung koneksi 5G pada tahun 2017 mendatang. Kapan Indonesia disinggahi jaringan generasi kelima itu? Jaringan generasi kelima atau 5G di Indonesia kemungkinan baru bisa singgah lebih lama tiga tahun dari Jepang dan Korea atau lebih tepatnya tahun 2020.

Saat ditemui Johanes Chandra Ekajaya, Head of Mobile & Fixed Broadband PT Ericson Indonesia Yulianto Nasserudin mengatakan bahwa banyak pihak yang pesimis akan masuknya jaringan 5G dengan cepat ke Indonesia. Hal tersebut dikarenakan Indonesia belum memiliki jaringan super cepat dengan frekuensi 0-100GHz.

Yulianto menambahkan koneksi 5G nantinya akan menggunakan dua teknologi, yaitu LTE Evolution yang merupakan bentuk evolusi dari LTE, dan yang kedua menggunakan NX sebagai teknologi radio anyar untuk spektum diatas 6GHz.

Namun, pernyataan berbeda dikemukakan oleh Dr Agung Harsoyo selaku Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), menurutnya siklus migrasi dari 4G ke 5G akan lebih cepat dibanding migrasi ke 3G. Indonesia diperkirakan akan bisa menikmati jaringan generasi kelima itu setelah tahun 2020.

Jaringan 5G diperkirakan akan lebih menguntunkan karena bukan hanya sesama manusia yang saling terhubung melainkan dari manusia dengan kendaraan, peralatan hingga sebagai pengoperasian robot.

Teknologi 5G juga diprediksi memiliki kecepatan hingga 800Gbps yang membuat jaringan kelima ini seratus kali lebih cepat dari jaringan 4G dan mampu mengundung hingga 33 film High Definition (HD) dalam hitungan detik saja.