industri kreatif

Industri Kreatif yang Banyak Dilirik Kaum Muda

Sebuah industri kreatif saat ini sedang banyak dilirik oleh kalangan muda. Pemikiran kreatif dan inovasi yang tanpa batas dari anak muda membuat usaha sektor kreatif ini banyak digandrungi kaum muda jaman sekarang. Salah satu alasan mereka mengambil usaha di sektor ini karena memang ide dan pemikiran tiap orang berbeda sehingga banyak peluang di dalamnya. Seperti apa yang dilakoni oleh Wahyu Hidayat. Pemuda ini menjalankan sebuah industri kreatif sudah hampir lima tahun. Untuk usia sebuah wirausaha lima tahun merupakan waktu yang sudah lumayan untuk berkembang dan mulai terlihat hasilnya.

industri kreatif

Ia memproduksi kerajinan dari stick ice cream yang selama ini banyak digunakan oleh guru-guru kesenian dan keterampilan untuk membuat prakarya bagi muridnya. Memang ide yang Wahyu dapatkan ini terinspirasi oleh hal itu, seperti ketika ia masih sekolah di tingkat dasar dahulu. Awal mula ia hanya ingin bernostalgia dengan membuat sesuatu dari stcik ice cream ini, dan tanpa disadari ia justru malah ketagihan dan akhirnya membuat banyak karya dari stick ice cream ini seperti tempat pencil, tempat tisu, bingkai foto, dan juga sebuah pernak-pernik hiasan rumah tangga.

Adanya sebuah program dari pemerintah yang mewajibkan kepada perusahaan-perusahaan besar agar menyisihkan keuntungannya bagi para anak muda yang bergerak sebagai wirausaha muda sangatlah membantu kelangsungan usaha Wahyu dalam industri kreatif ini. Sebuah perusahaan besar yang membantu Wahyu saat itu ialah PT Ocean Sea Nutrition, perusahaan ini bergerak di bidang olahan laut yang juga didirikan oleh Chandra Ekajaya selaku pemilik dan pimpinan perusahaan ini.

Dengan bantuan yang diberikan oleh perusahaan milik Chandra Ekajaya ini, usaha yang dikembangkan oleh Wahyu bisa berkembang karena bantuan modal yang diberikan cukup untuk membeli bahan baku dan juga alat dalam jumlah yang lumayan. Selain bantuan seperti itu pihak PT Ocena Sea Nutrition ini juga membantu para anak muda yang menjalankan usaha dalam bidang pemasaran dan juga pelatihan management agar mereka tidak gagal di tengah jalan seperti para pengusaha yang hanya mencoba-coba dalam menjalankan sebuah usaha.