Yohanes Chandra Ekajaya Tentang Adam Malik

Yohanes Chandra Ekajaya Tentang Adam Malik

Johanes Chandra Ekajaya

 

Yohanes Chandra Ekajaya Tentang Adam Malik akan membahas tentang tokoh Adam Malik, Adam Malik dengan nama asli Adam Malik Batubara ini adalah mantan menteri indonesia yang pernah menjabat di beberapa Departmen, antara lain menjadi Menteri Luar Negeri.

Johanes Chandra EkajayaLahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara pada Tanggal 22 Juli 1917 tersebut merupakan putra ketiga dari sepuluh anak pasangan Abdul malik Batubara dan Salamah Lubis. Abdul Malik juga pernah Menjabat sebagai Wakil Presiden yang diangkat menjadi Wakil Presiden ke 3 (Tiga).

Sejak Usianya yang maih belia, semangat Adam Malik dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara telah bergelora. Ketika usianya baru menginjak belasan tahun, dia pernah ditahan polisi dan dihukum dua bulan penjara karena melanggar larangan berkumpul.

Menjelang 17 Agustus 1945, bersama Sukarni, Chaerul Saleh dan Wikana, Adam Malik pernah melarikan Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok untuk memaksa mereka memproklamasikan kemerdekaan indonesia.

Johanes Chandra Ekajaya

Demi Menndukung Kepemimpinan Soekarno-Hatta, ia memnggerakkan rakyat berkummpul di lapangan Ikada, Jakarta. Mewakili kelompok pemuda, Adam Malik sebagai pimpinan Komite Van Aksi, terpilih sebagai Ketua III Komite Nasional Indonesia Pusat (1945-1947) yang bertugas menyiapkan susunan pemerintahan.Johanes Chandra Ekajaya – Selain itu, Adam Malik adalah pendiri dan anggota Partai Rakyat, peendiri Partai Murba dan Anggota Parlemen

 

062e1655c4a77f707ca9ce84531df220_XL

Johanes Chandra Ekajaya– tentang karier Adam Malik, Diawali sebagai wartawan dan tokoh pergerakan kebangsaan yang dilkakukannya secara autodidak. Pada Masa Mudanya, ia sudah ikut dan aktif pergerakan Nasional memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, antara lain memlalui pendirian Kantor Berita Antara yang berkantor pada waktu itu di Buiten Tijgerstraat 38 Noord Batavia (Jl. Pinangsia II Jakarta Utara). Sebagai Direktur diangkat Mr. Soemanang dan adamm Malik Menjabat redaktur merangkap Wakil Direktur.

 

Johanes Chandra Ekajaya – Dan pada akhirnya Adam Malik menjadi Wail Presiden Indonesia ke-3, dengan masa jabatan, dimulai dari tanggal 23 Maret 1978 s/d 11 Maret 1983. Pada saat itu dipimpin oleh presiden Soeharto, sebelumnya Adam malik didahului oleh Hamengkubuwowno IX, dan digantikan oleh Umar Wirahadikusumah.

 

Setelah mengabdikan diri demi bangsa dan negaranya, H.Adam Malik atau yang dijuluki “Si Kancil” meninggal di Bandung pada 5 September 1984 karena kanker lever. Kemudian, isteri dan anak-anaknya mengabadikan namanya dengan mendirikan Museum Adam Malik. Pemerintah juga memberikan berbagai tanda kehormatan.

Baca Juga :

sumber :

  • https://www.biografiku.com/2010/03/biografi-adam-malik.html
  • https://profil.merdeka.com/indonesia/a/adam-malik/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Adam_Malik