Johanes Chandra Ekajaya

Keturunan Warga Negara Perancis, Gadis Ini Batal Menjadi Paskibraka

Johanes Chandra Ekajaya

Nasib malang menghampiri seorang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Gloria Natapradja. Gloria Natapradja batal ikut dalam tim pengibaran bendera di Istana Kepresidenan pada hari kemerdekaan RI 17 Agustus 2016 mendatang maka jumlah Paskibraka yang sedianya 68 orang kini hanya 67 orang. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menjelaskani alasan Gloria tidak boleh masuk dalam tim pengibaran bendera karena Gloria bukan warga negara Indonesia.

Anggota Paskibraka tersebut diketahui memiliki Ayah kandung, Didier Hamel warga negara Prancis dan Ibu kandung Gloria, Ira Natapraja asli warga negara Indonesia. Gloria sejak TK hingga SMA tinggal dan bersekolah di Depok, Jawa Barat. ‎Kepala Staf Garnisun, Joshua Pandit Sembiring mengatakan, bahwa Gloria digugurkan karena diketahui memiliki paspor Perancis.‎ Joshua menambahkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006, seorang yang memiliki paspor negara lain maka statusnya sebagai WNI gugur.

Gloria pun langsung mengirimi surat pernyataan untuk Presiden RI, Jokowi. Didalam surat tersebut, Gloria menjelaskan bahwa Ia ditakdirkan terlahir dari perkawinan antara ibu yang berwarga negara Indonesia dengan Ayahnya yang berwarga negara Perancis. Gloria tidak pernah memilih menjadi warga negara Perancis karena darah dan nafasnya untuk Indonesia tercinta.