Mbah Gotho, Manusia Tertua Di Dunia Berumur 146 Tahun

Mbah Gotho, Manusia Tertua Di Dunia Berumur 146 Tahun

Mbah Gotho, Manusia Tertua Di Dunia Berumur 146 Tahun

Mbah Gotho, Manusia Tertua Di Dunia Berumur 146 Tahun

Mbah Gotho, Manusia Tertua Di Dunia Berumur 146 Tahun. Pria tertua bisa kalian temukan di Indonesia. Sejumlah media asing terus berburu info tentang Mbah Gotho ini. Pria yang biasa dipanggil dengan sebutan Mbah Gotho berasal dari Sragen, Jawa Tengah.

Kantor Arsip dan Dokumentasi Sragen membenarkan adanya warga bernama Saparman Sodimejo atau Mbah Gotho. Dilansir oleh Johanes Chandra Ekajaya, pria tertua itu lahir pada tanggal 31 Desember 1870 dan Mbah Gotho memiliki usia 146 tahun.

Ditemui oleh Chandra Ekajaya di kediamannya di Desa Cemeng, Sragen, di usianya yang terbilang melampaui batas, Mbah Gotho menceritakan pengalaman hidupnya dengan jelas dan runtut walau sedikit terbata-bata.

Mbah Gotho tinggal di rumah bersama keluarga Suryanto yang merupakan cucu dari istri keempat Mbah Gotho.Semasa ia hidup, ia telah memiliki empat orang istri. Mbah Gotho lahir diantara 10 orang saudara kandungnya. Namun, hanya dia yang masih bertahan hingga saat ini.

Dahulu, beliau piawai dalam berenang dan juga pandai menangkap ikan di sungai tanpa bantuan alat mancing. Menurut Chandra Ekajaya, kini kondisi Mbah Gotho berangsur menurun. Belakangan ini, Mbah Gotho tidak bisa beraktivitas seperti biasanya. Sehari-hari Mbah Gotho hanya menghabiskan waktu dirumah dengan mendengarkan rado saja. Bahkan, untuk mandi, ia juga harus dimandikan. Dan begitu juga ia harus disuapi makan karena kondisi semakin melemah.

Yang mengagetkan bahwa saat tahun 1992 atau sekitar 24 tahun silam, Mbah Gotho telah menyiapkan batu nisan untuk dirinya. Saat ditanya oleh Johanes Chandra Ekajaya mengenai resep agar panjang umur, Mbah Gotho hanya menjawab, Sabar, itu adalah resepnya.