minayk eteris

Minyak Eteris Bibit Minyak Wangi Warisan Leluhur

Minyak Eteris yang merupakan salah satu komoditi asli Indonesia ini sudah terkenal di dunia. Sebuah minyak yang berasal dari tanaman ini merupakan minyak warisan dari jaman dahulu yang hanya diolah di Indoneisia saat itu. Minyak Etiris atau yang dikenal sebagai minyak atsiri (aetheric oil), minyak esensial, erta minyak aromatik adalah kelompok besar minyak nabati atau berasal dari tumbuh-tumbuhan yang merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami dan mempunyai aroma khas. Dalam perdagangan minyak atsiri dikenal sebagai bibit minyak wangi.

minyak eteris

Minyak warisan leluhur ini sudah banyak digunakan oleh produsen-produsen minyak wangi dunia sebagai bahan dasar pembuatan parfum. Bahan baku yang melimpah dan sangat banyak di negara ini membuat peluang yang sangat besar bagi para pengolah minyak satu ini. Bahkan bagi bagi beberapa pengusaha minyak eteris ini merupakan sebuah produk utama karena permintaan pasarnya yang sangat besar. Chandra Ekajaya salah seorang pengusaha pengolah minyak ini juga melakukan hal serupa. Melalui sebuah perusahaan yang bernama PT Chandra Ekajaya Oil ia berhasil mengekspor hasil asli Indonesia ini hingga ke penjuru dunia.

Dahulu ia hanya memproduksi beberapa hasil olahan minyak bumi yang merupakan bahan pokok untuk bahan bakar. Tetapi karena tidak stabilnya harga minyak bumi membuatnya untuk mencoba alternatif lain yang juga bisa mempunyai pasar yang luas. Awalnya ia mengenal minyak eteris ini ketika ia sedang berkunjung ke Sulawesi. Disana yang merupakan basis pengolah bibit minyak wangi ini membuatnya penasaran dan akhirnya membuatnya tertarik untuk mengembangkan usaha ini.

Sampai saat ini hasil produksi bibit minyak olahan Chandra Ekajaya ini sudah mempunyai pasar yang luas bahkan hingga sampai ke berbagai negara di dunia. Kualitas dan aroma yang sangat menggoda dari hasil olahan perusahaannya itulah yang membuatnya bisa menembus pasar dunia. Dalam sehari biasanya ia menghabiskan ratusan kilo bahan baku minyak ini. Berbagai macam bunga dan juga tanaman yang merupakan bahan dasar minyak ini sekarang sudah ia kembangkan sendiri di sebuah lahan seluas 3000 meter untuk menjaga kelestarian dan juga kualitasnya.