Pengusaha Distro Sukses, Chandra Ekajaya Raup Omzet Miliaran

Pengusaha Distro Sukses, Chandra Ekajaya Raup Omzet Miliaran

Muda bukan halangan untuk meraih kesuksesan. Ungkapan anak muda kalah dengan orang tua saat ini sudah salah kaprah. Muda bukan berari lemah, sekarang anggapan lebih kekinian muncul yaitu yang muda yang berkreasi. Chandra Ekajaya membuktikan hal tersebut, di usianya yang masih muda dirinya mampu meraup omzet miliaran rupiah setahun dari usaha distro yang dirintisnya dan menjadi pengusaha sukses.

Pengusaha Distro Sukses, Chandra Ekajaya Raup Omzet Miliaran

Kata distro alias distribution outlet mungkin bisa dibilang sudah menjamur dan semua orang sudah tau mulai dari anak muda bahkan hingga orang tua di Indonesia. Distro sendiri adalah singkatan dari distribution store atau toko tempat penitipan barang -barang clothing brand -brand lokal. Kalo clothing adalah brand yang memproduksi sendiri materi artikel-artikel designnya sendiri sesuai karakter dari konsep clothingnya sendiri. Toko pakaian jenis ini masih eksis hingga sekarang dan bahkan bisa dikatan semakin eksis dan menjadi pilihan kebanyakan anak muda untuk membeli style fashion lantaran masih menjadi kiblat fashion anak muda di hampir semua kota besar terutama di Indonesia. Bahkan tidak sedikit dari sebagian orang memanfaatkan peluang ini untuk mendulang keuntungan dengan membuka distro termasuk Chandra Ekajaya.

Membuka bisnis distro miliknya dengan brand nama Up3, semua produk dan barang yang diproduksi oleh pengusaha ini dilabeli dengan nama Up3. Nama ini diambil dari makna dari up yaitu naik, berarti dirinya ingin menjadikan brand distro miliknya naik naik dan naik berkembang secara cepat. Mungkin semua orang berhak mendapatkan kesuksesan dan menamai apapun yang mereka anggap bisa mendatangkan keberuntungan. Chandra Ekajaya menjual berbagai produk fashion seperti halnya distro kebanyakan pada umumnya. Misalnya, t-shirt, kemeja, celana jins, sepatu, dan berbagai aksesori, seperti topi dan stiker. Dirinya memilih segmen pasar anak muda di beberaopa jenis produk, namun juga membawa Up3 tidak hanya menyasar anak muda, tetapi juga segmen anak-anak hingga orang tua dengan menyediakan produk yang pas dan sesuai dengan segmen umur mereka.

Usaha distro yang dibangun dengan penuh kerja keras dan keyakinan ini, kini memiliki omzet usaha hingga miliaran rupiah per bulanya saja. Dalam sebulan saja, pengusaha sukses Chandra Ekajaya mampu memproduksi 2000 hingga 3000 kemeja, 1000 pasang sepatu, 2500 potong celana jins, dan yang terbanyak adalah sekitar 20000 potong kaus untuk satu kali produksi. Setiap satu desain hanya diproduksi 30 potong dan ada beberapa jenis yang hanya di produksi secara limited edition.

Sampai saat ini pengusaha Chandra Ekajaya masih memiliki dua gerai atau store, yaitu di daerah Bandung dan Jakarta. Tetapi, dirinya bermitra dengan banyak distro untuk memasarkan produknya di beberapa kota untuk memasok produknya. Hampir diseluruh kota di Indonesia sudah dirinya stok, dirinya juga melakukan kerjasama dengan beberapa investor distro untuk memasarkan produknya jika daerah tersebut belum ada store yang menjual produk miliknya. Baru berjalan 1 tahun saja, selain sudah menguasai pasaran lokal di Indonesia, produk Up3 milik pengusaha Chandra Ekajaya bahkan sudah masuk pasar global dan masuk di beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura serta beberapa negara kawasan Asia Timur. Tak lama lagi, produknya juga akan masuk pasaran Eropa, dirinya masih terus menjalain kerjasama dengan beberapa pengusaha dan perusahaan fashion seperti di Canada dan Amerika.

Pengusaha Distro Sukses, Chandra Ekajaya Raup Omzet Miliaran

Kepiawaian Chandra Ekajaya dalam menjalankan bisnis memang sudah sejak kecil terlihat. Semenjak menginjak sekolah saat SMP hingga SMA dirinya sudah menjual barang dagangan, namun pada saat itu barang dagangan yang dijual masih seputar makanan, sepatu dan pakaian saja. Namun dari sinilah bakat berbisnis nya sudah tertempa, bakat memanfaatkan peluang, memecahkan masalah sudah dirinya ketahui. Banyak teman dan saudara tidak menyangka bahwa Chandra Ekajaya mampu sampai sukses sekarang ini.

Chandra Ekajaya memulai merintis bisnis Distro nya ini pada tahun 2014. Awal usaha ini sebenarnya bukan begitu saja dan hanya coba-coba.. dirinya sempat membuat bisnis serupa bersama temanya dan join. Namun sayang, usaha itu bubar karena ada perselisihan internal dengan temanya. Memang sudah di takdirkan menjadi pebisnis, dirnya tidak lantas putus asa dan menyerah kepada keadaan. Iseng-iseng dia mendesain sebuah t-shirt kemudian dirinya coba tawarkan kepada teman-temanya. Tak disangka dan tak diduga, banyak yang meminati desainnya itu. Permintaan pun terus berdatangan. Pada tahun 2014 lahirlah bisnis distro miliknya, merek dengan brand Up3 lahir dengan modal awal Rp 20 juta rupiah yang didaptkan dari tabungan miliknya.

Saat awal berdiri pengusaha Chandra Ekajaya hanya memiliki tiga karyawan dan semuanya adalah teman temanya. Bukan hanya itu saja dirinya juga menyewa gerai untuk tempat produksi dan stok barang. Lambat laun, dari yang semula memproduksi puluhan kaus, permintaan bertambah menjadi ratusan bahkan hingga kini mencapai ribuan potong. Sampai pada tahun 2015Chandra Ekajaya dengan brand distro Up3 mulai mengembangkan usahanya. Melalui bisnis distronya ini dirinya juga terus menambah karyawan, dari semula tiga desainer, kini ia memiliki lima desainer dan total karyawan mencapai 60 orang. Dirinya juga sebagai pengusaha sukses ingin bermanfaat bagi orang lain. Itulah salah satu alasan kenapa kebanyakan karyawan yang diperkerjakan kebanyakan adalah orang yang dirinya kenal dan belum memiliki pekerjaan sebelumnya seperti teman-temanya, keluarga dan lingkungan sekitar.

Untuk memasarkan produknya, pengusaha Chandra Ekajaya memakai berbagai cara agar menghasilkan output yang maksimal, melalu media online dan offline adalah salah satu cara pemasaran dan pengenal produknya. Untuk cara offline pengusaha ini sering menjadi sponsor di beberapa acara anak muda seperti pentas band festoval sekolah dan acara lainya yang melibatkan orang banyak dan sesuai dengan brand miliknya. Jika meilihat dari cara pemasaran dan penjualan menggunakan media online, Chandra Ekajaya menggunakan media sosial dan web store pribadi. Untuk media sosial adalah cara yang paling ampuh dan cepat. Media sosial saat ini bisa dikatakan semua orang memilikinya, dan dari situlah kemudahan untuk mendapatkan informasi lebih cepat dan efisien, ini juga sangat membantu sebagai salah satu stratgei marketing. Media sosial yang digunakan adalah instagram, facebook dan twitter.