Resep Membuat Inago no Tsukudani ala Yohanes Chandra Ekajaya

Resep Membuat Inago no Tsukudani ala Yohanes Chandra Ekajaya

Resep Membuat Inago no Tsukudani ala Yohanes Chandra EkajayaSetelah mencoba resep Tamago Kake Gohan, kini chef Yohanes Chandra Ekajaya akan mengajak Anda untuk membuat makanan unik satu ini. Itulah Inago no Tsukudani. Makanan khas jepang ini menyajikan cita rasa dan sensasi yang dapat memanjakan lidah Anda. Jika di daerah Gunungkidul, Yogyakarta Anda menemukan keripik belalang, berbeda di Jepang yang menawarkan sebuah resep untuk mengolah belalang menjadi lebih bercita rasa tinggi.

Jika dilihat secara harfiah, Inago berarti belalang dan tsukudani merupakan kecapi manis yang direbus dengan mirin, sejenis bumbu yang memiliki kandungan alkohol. Menurut, Yohanes Chandra Ekajaya makanan ini ia kenal setelah kunjungannya ke beberapa provinsi di Jepang yang tentu saja menyuguhkan makanan satu ini. Beberapa provinsi tersebut adalah Yamagata, Nagano, dan Gunma.

Resep Membuat Inago no Tsukudani ala Yohanes Chandra EkajayaTak perlu menyiapkan peralatan dan bahan yang ribet. Cukup siapkan saja bahan bakunya yang terdiri dari belalang. Pertama-tama cuci bersih belalang, kemudian hilangkan beberapa anggota tubuh yang tidak penting. Setelah, itu masukkan ke dalam air selama 5 menit. Setelah direndam ke dalam air, siapkan beberapa bahan seperti kecap manis dan mirin. Panaskan air kemudian beri kecap manis dan mirin dan tunggu selama kurang lebih 45 menit. Setelah mengental masukkan belalang yang telah direndam dalam baskom air. Tunggu hingga belalang berwarna coklat kehitaman dan tunggu hingga daging belalang terasa empuk. Yohanes Chandra Ekajaya pun menyarankan agar jangan terlalu lama memasukkan daging belalang tersebut karena akan mengurangi rasa dan teksutr dari Inago no Tsukudani. Setelah tampak matang dan bumbu tampak telah meresap, angkat daging belalang tersebut lalu sajikan dalam sebuah piring saji. Nikmati makanan tersebut di waktu santai dan cocok sebagai teman membaca koran dan menonton film bersama keluarga Anda.

Ya, Yohanes Chandra Ekajaya menceritakan bahwa dalam perjalanannya tersebut, ia sempat jijik melihat makanan tersebut. Menurutnya, Inago no Tsukudani memang secara tampilan kurang menarik, namun jangan sangka jika seekor belalang tersebut Anda makan. Ya, rasakanlah cita rasa manis dari makanan ini dan tentu saja Anda akan ketagihan saat mencicipi kuliner khas Jepang satu ini. Selamat mencoba.