Johanes Chandra Ekajaya

Tontowi dan Liliyana Meraih Medali Emas Pertama Untuk Indonesia

Johanes Chandra Ekajaya

Pasangan bulutangkis Tontowi (Owi) dan Liliyana (Butet) mengukir sejarah pada Olimpiade Rio 2016 untuk Indonesia. Melawan ganda Malaysia Peng Soon dan Liu Ying menang 2 game langsung dengan skor 21-14 21-12, Tontowi dan Liliyana berhasil meraih medali emas pada hari Rabu (17/8/16). Mereka menjadi peraih emas pertama Olimpiade Rio 2016 untuk Indonesia.

Pasangan ganda campuran ini membuat lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Brasil tepat pada 17 Agustus 2016 saat peringatan hari jadi ke-71 kemerdekaan Indonesia. Bendera Indonesia dinaikkan paling atas diapit dengan bendera dari Malaysia dan Tiongkok di Olimpiade Rio itu.

Di set pertama pasangan ganda campuran ini tidak menemui kendala yang berarti. Akibat banyak kesalahan sendiri yang dilakukan oleh pasangan ganda dari Malaysia, pukulan-pukulan Tontowi dan Liliyana ini sulit dikembalikan. Set pertama akhirnya menjadi milik Tontowi dan Liliyana dengan kemenangan 21-14 atas Chang Peng Soon dan Goh Liu Ying.

Di set kedua, pertarungan semakin ketat. Pasangan ganda Malaysia mencoba bangkit atas kekalahannya di set pertama. Saat pasangan Malaysia mencoba mengambilalih permainan, pasangan Indonesia lebih agresif menyerang dan mendulang poin demi poin hingga sempat unggul 16-10. Kesalahan pasangan ganda Malaysia yang tak berhasil mengembalikan bola dengan terbentur net menjadikan pasangan ganda Indonesia sukses memenangkan game kedua dengan skor 21-12.