Yoanes Chandra Ekajaya buat keripik nanas enak

Yohanes Chandra Ekajaya Keripik Nanas

keripik nanas enak buatan J Chandra Ekajaya & J Wijanarko

 

 

 

 

 

 

 

Nanas adalah salah satu buah yang sering kita jumpai apabila kita memakan rujak. Nanas merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin A dan vitamin. Selain dijadikan rujak nanas kerap juga kita jumpai dalam bentuk minuman sari buah, jenang, manisan, dodol dan selai nanas. Kali ini Yohanes Chandra Ekajaya mendapatkan oleh-oleh dari sahabat karibnya sepulang dari kepulauan Riau keripik nanas. Mungkin bagi para pembaca sekalian cukup terasa asing terdengar ditelinga karna yang sering kita jumpai di pasaran yang biasa diolah menjadi keripik itu buah pisang.

Pada kesempatan kali ini Yohanes Chandra Ekajaya akan berbagi resep membuat keripik nana, berbekal resep yang didapat dari tante sahabat karibnya berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan beserta langkah-langkahnya membuat keripik nanas yang enak dan sehat untuk dikonsumsi.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik nanas:

  • 6 biji buah nanas
  • Asam askorbat
  • Gula halus

Yoanes Chandra Ekajaya buat keripik nanas enak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah-langkah membuat keripik nanas:

  1. Pertama tama yang perlu kita lakukan setelah itu kupas nanas buang kulit, empulur dan mata nanas.
  2. Timbang nanas yang sudah kita kupas tadi kemudian cuci bersih daging nanas kemudian potong buah nanas dengan ukuran 0,5 cm dan 1 cm berbentuk bulat dan setengah lingkaran.
  3. Rendam nanas yang sudah kita potong-potong dengan mengunakan asam askorbat selama 15 menit (150ppm) kemudian tiriskan.
  4. Masukan nanas kedalam oven dengan suhu 50 derajat celcius sampai benar-benar kering kemudian keluarkan dari oven dalam keadaan panas taburi dengan sedikit gula halus.
  5. Dinginkan nanas, keripik nanas siap untuk disajikan simpan dalam toples kedap udara guna menjaga kerenyahan keripik nanas.

Cukup mudah bukan Yohanes Chandra Ekajaya membuat keripik nanas, semoga tulisan ini dapat menjadi refrensi bagi para pembaca sekalian yang ingin membuat makanan ringan dengan bahan dasar nanas. dari dalam buah nanas ini sendiri bisa dimanfaatkan hampir dari semua unsurnya. Dari daun buah biji hingga akarnya bermanfaat akan tetapi tidak semua orang bisa mengolahnya karena memang untuk pengolahannya sendiri dibutuhkan skill dan kemampuan khusus