Yohanes Chandra Ekajaya Menyasar Industri Kelapa Sawit1

Yohanes Chandra Ekajaya Menyasar Industri Kelapa Sawit

Industri kelapa sawit selalu ramai di kalangan pengusaha dan pebisnis. Mereka selalu bersedia untuk investasi secara besar-besaran di dunia kelapa sawit. Meskipun dalam tahun-tahun terakhir ini industri kelapa sawit pernah mengalami penurunan yang sangat tajam, Yohanes Chandra Ekajaya Eka tetap berkeinginan untuk menyasar industri kelapa sawit.

Yohanes Chandra Ekajaya Menyasar Industri Kelapa Sawit

Yohanes Chandra Ekajaya Ekajaya mengatakan bahwa di luar negeri, terutama di Amerika dan Eropa, industri kelapa sawit nasional sempat dihambat dengan adanya kampanye-kampanye negatif mengenai kelapa sawit. Tetapi hal itu tidak membuatnya bergeming, ia justru menjadi semakin tertantang untuk menekuni bisnis di dunia kelapa sawit.

Pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya Ekajaya juga menambahkan keterangan bahwa banyak negara-negara asing, terutama negara-negara di Asia yang ingin berinvestasi di Indonesia. Jika dilihat dari minatnya, mereka sangat ingin berinvestasi di dunia kelapa sawit.

Mengenai peluang ekspornya, Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa saat ini seluruh dunia masih membutuhkan kelapa sawit, terutama hasil olahannya yang berwujud CPO (Crude Palm Oil). CPO atau minyak nabati merupakan komoditas utama yang masih dibutuhkan oleh Amerika, Eropa, dan Asia.

Jadi menurut Yohanes Chandra Ekajaya Eka bisnis kelapa sawit itu, khususnya CPO atau minyak nabati peluangnya masih terbuka lebar. Terlebih negara-negara asing di Asia sangat ingin berinvestasi, sehingga mereka pun sudah mempunyai pasar untuk menjual hasil olahan dari kelapa sawit tersebut.

Berdasarkan pengamatan lima tahun terakhir ini, Yohanes Chandra Ekajaya Ekajaya mengatakan bahwa negara-negara yang bergabung dalam wilayah Eropa memiliki kebijakan dan aturan yang lebih ketat mengenai standar administrasi dan kualitas hasil olahan kelapa sawit. Kondisi di negara Paman Sam, Amerika pun juga demikian. Oleh sebab itu pengekspor Indonesia harus berani menjamin bahwa kualitas minyak nabati yang dihasilkan mempunyai mutu yang bagus.

Yohanes Chandra Ekajaya Menyasar Industri Kelapa Sawit1

Sedangkan di pasar Asia, terutama negara Jepang dan China, pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya Ekajaya mengatakan bahwa peraturan dan kebijakan administrasi mereka tidaklah serumit Eropa dan Amerika, hanya saja mutu atau kualitas tetap menjadi perhatian yang utama. Menurutnya, Asia adalah pasar masa depan industri kelapa sawit yang sangat menjanjikan.