Yohanes Chandra Ekajaya Sukses di Bidang Clothing 2

Yohanes Chandra Ekajaya Sukses di Bidang Clothing

Sukses bukan lagi hanya mimpi. Semua kalangan mempunyai kesempatan yang sama untuk sukses, baik laki-laki maupun wanita, usia tua maupun usia muda, yang berpengalaman maupun yang tak berpengalaman semuanya bisa sukses asalkan ia mau bekerja keras, ulet, sabar dan pantang menyerah. Hal itu yang dialami oleh pria bernama lengkap Yohanes Chandra Ekajaya yang kini berusia 26 tahun. Pria kelahiran 9 September 1990 ini mampu meraih kesuksesan lebih cepat dibandingkan kebanyakan orang muda lainnya. Pria asal Kediri ini mampu menjadi wirausahawan sukses di bidang clothing sejak tahun 2009 dengan omset perbulan mencapai ratusan juta rupiah.

Yohanes Chandra Ekajaya Sukses di Bidang Clothing

Yohanes Chandra Ekajaya ialah orang biasa yang mempunyai latar belakang keluarga yang biasa saja, selepas lulus Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta memutuskan merantau ke Bandung untuk memperbaiki taraf kehidupan ekonomi keluarga dengan hanya modal uang seadanya dan ijazah SMK. Di Bandung, ia memilih untuk mengontrak sebuah kamar kecil di Dago.

 

Untuk meraih kesuksesan di kota kembang tidak semudah yang diucapkan dan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pria baik hati ini memulai pekerjaannya sebagai buruh pabrik kayu di Bandung. Dua bulan kemudian, ia mengundurkan diri sebagai buruh pabrik kayu. Beberapa lama kemudian, ia bekerja sebagai penjaga warnet dengan gaji Rp.900 ribu perbulan. Gaji sebesar itu tentu tidak mencukupi untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Oleh sebab itu, ia berpikir keras mencari peluang usaha sampingan agar ia dapat berhasil di Bandung.

Pria berpenampilan sederhana ini pun menyelidiki kemampuan yang dipunyainya yang dapat dijadikan sebuah usaha. Namun, ia menyadari kelebihan yang dimilikinya dalam hal menggambar. Ia memutuskan bekerja usaha sampingan sesuai bakat atau kelebihan yang dimilikinya. Tercetuslah ide bisnis clothing. Ia pun melakukan survey pasar. Dan ia pun berkesimpulan usaha pembuatan pakaian atau clothing memiliki potensi yang cerah dan cukup menjanjikan keuntungan lumayan besar sebab banyak peminatnya terutama kalangan anak-anak muda yang hobi mengoleksi pakaian maupun kaos.

Ia pun mulai menekuni usaha clothing bermodalkan uang Rp.2 juta yang didapatnya dari hasil menabung selama setahun dari gajinya sebagai penjaga warnet. Yohanes Chandra Ekajaya belajar secara otodidak usaha clothing mulai dari penyablonan hingga ia sukses memproduksi kaos dengan label sendiri. Dimana Yohanes Chandra Ekajaya membeli kaos dalam skala besar, lalu Yohanes Chandra Ekajaya membuat desain sendiri untuk kaosnya. Kemudian ia mencari tukang sablon untuk mencetak gambar dikaosnya. Kaos hasil desainnya, Yohanes pasarkan kepada teman-temannya via jejaring sosial atau sosial media maupun selebaran. Halangan dan rintangan selalu menyertainya. Pada tahun 2010, ia mengalami kerugian besar dimana salah satu sahabatnya mencuri uang miliknya hasil penjualan kaos. Namun, ia pantang menyerah.

Yohanes Chandra Ekajaya Sukses di Bidang Clothing 2

Pada tahun 2010, titik terang usahanya tampak dimana produk kaosnya semakin dikenal banyak orang dan permintaan kaosnya pun meningkat. Selain membuat kaos, ia pun berinovasi membuat dompet, tas, celana dan lain-lain. Omzetnya kini mencapai ratusan juta rupiah perbulan.

Semoga kita bisa meneladani kegigihan dan kesuksesan Yohanes Chandra Ekajaya sang pengusaha sukses bidang clothing. Selamat berwirausaha! Semoga sukses!