yohanes-eka-chandra-jual-kapal-selam1

Yohanes Chandra Jual Kapal Selam

yohanes-eka-chandra-jual-kapal-selam1

Tentu semua orang di Indonesia mengenal makanan khas Sumatera Selatan, yaitu pempek. Berdasar arti katanya, pempek memiliki arti ikan. Entah benar atau tidak, tetapi yang pasti bahan dasar dari pempek adalah ikan dan sagu. Penyajian pempek pun sangat khas. Pempek biasa disajikan dengan kuas pedas berwarna coklat kehitaman yang disebut dengan cuko.

yohanes-eka-chandra-jual-kapal-selam2

Sejarah mengatakan bahwa makanan pempek tercipta karena adanya pengaruh orang Tionghoa. Bahkan nama pempek atau empek-empek sendiri berasal dari Bahasa Tionghoa, yaitu Apek. Apek adalah sebutan untuk seorang lelaki keturunan Tionghoa. Pada mulanya ada seorang apek yang bertempat tinggal di tepian sungai Musi yang mencoba mengeksplor dan berinovasi dengan tangkapan ikan. Ia membuat campuran adonan yang terbuat dari bahan singkong dan daging ikan giling. Ditambah cuko, akhirnya ia kemudian menjajakan makanan hasil olahannya tersebut ke masyarakat. Makanan itu kemudian disebut dengan apek-apek, dan karena lidah orang Sumatera, maka kemudian menjadi pempek atau empek-empek.

 

Pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya yang bertempat tinggal di kota Wonosobo pun ingin menjajal mempopulerkan makanan khas Sumatera Selatan ini ke tanah kelahirannya. Harga jual pempek buatannya memang mahal, tetapi ada kualitas ada harga. Itulah prinsip yang dipegangnya.

 

Yohanes Chandra Eka menggunakan bahan dasar ikan Belida untuk membuat adonan pempek. Inilah yang membuat harga pempeknya agak mahal, sebab ikan Belida termasuk ikan yang langka. Makanya banyak penjual pempek sekarang yang mengganti ikan Belida menggunakan ikan Gabus, karena harganya yang jauh lebih murah, tetapi rasanya tetap gurih.

yohanes-chandra-jual-kapal-selam/

Sebenarnya, pempek makanan khas Sumatera Selatan bisa dibuat menggunakan bahan ikan apa saja, misalnya ikan Tenggiri, Putak, Toman, dan sebagainya. Selain itu pempek pun bisa diolah menjadi aneka macam makanan yang disajikan. Adonan pempek bisa digunakan untuk membuat resep-resep yang lain. Yohanes Chandra Eka menawarkan berbagai olahan makanan yang berasal dari adonan pempek.

 

Hasil olahan adonan pempek seperti Model, Celimpungan, Laksan, dan Tekwan adalah nama-nama aneka macam olahan yang ditawarkan oleh pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya di Wonosobo. Tetapi yang menjadi andalan utama adalah pempek kapal selam.