Yohanes Eka Chandra Pantun

Yohanes Eka Chandra Bedah Kumpulan Pantun Romantis Buat Pacar

Beberapa hari lalu (19/11), Yohanes Eka Chandra datang untuk membedah sebuah karya dari penyair muda asal Bima bernama Ariady . Dalam hal ini, Ariady tengah menerbitkan sebuah buku kumpula pantun yang berjudul “Kumpulan Pantun Romantis buat Pacar” yang diselenggarakan di Luck Coffee di bilangan Jakarta Timur.

Yohanes Eka Chandra yang merupakan pembedah dari launching kumpulan Pantun Romantis buat Pacar karya Ariady ini mengungkapkan bahwa Ariady membawa tawaran yang berbeda.

“Saya beranggapan bahwa kumpulan pantun ini memberi nafas segar bagi perpuisian Indonesia, dikarenakan sejak lahirnya puisi kontemporer di Indonesia. Pantun dan syair mulai ditinggalkan oleh banyak para penyair hari ini, ujar Yohanes Eka Chandra.

Selain itu, Yohanes Eka Chandra juga menambahkan bahwa buku Kumpulan Pantun Romantis buat Pacar karya Ariady ini kebanyakan bertema mengenai keseharian, dimana ia menawarkan pelajaran mengenai cinta.

Yohanes Eka Chandra Pantun

“Dalam kumpulan pantun ini, Ariady mencoba menghayati cinta secara mendalam. Wujud penghayatan tersebut ia telurkan dalam sebuah pantun-pantun cinta yang ia ciptakan, dimana merupakan sebuah pengalaman batinnya memaknai cinta, tambah Yohanes Eka Chandra dalam launching buku “Kumpulan Pantun Romantis untuk Pacar” karya Ariady.

Dalam launching tersebut, sekaligus sebagai pembahas tunggal, Yohanes Eka Chandra banyak berharap bahwa pantun dari buku “Kumpulan Pantun Romantis untuk Pacar” karya Ariady ini dapat menjadi kembalinya tradisi pantun dan syair di tengah badai puisi kontemporer Indonesia, tambahnya.

Dalam launching buku kumpulan pantun tersebut, Yohanes Eka Chandra juga mengajak kepada para pembacanya untuk tetap tekun dalam menulis. Ia memberi contoh bahwa Ariady merupakan salah satu yang telah melakukan hal tersebut.

“Tetaplah menulis, jangan patah semangat. Ariady merupakan penulis yang telah melakoni semuanya. Jadi, sudah semestinya ia memanen buahnya, ujar Yohanes Eka Chandra.

Selepas sesi diskusi dari Yohanes Eka Chandra selesai, acara pun ditutup dengan pembacaan beberapa pantun dari buku Kumpulan Pantun Romantis untuk Pacar karya Ariady dan terdapat performance dari kelompok musik Qwerty yang membawakan pantun yang diaransemen lewat alunan musik.

Tak lama kemudian, acara launching pun ditutup dengan penyerahan buku dan lukisan wajah sebagai tanda ucapan terimakasih Ariady kepada Yohanes Eka Chandra. Buku Kumpulan Pantun Romantis buat Pacar karya Ariady tersebut akan dilaunching di berbagai daerah seperti Banyumas, Cilacap, Mojokerto, Tulungagung, hingga Lombok. Selama launching Buku Kumpulan Pantun Romantis buat Pacar karya Ariady di tiga kota ini telah berhasil terjual sekitar 300-an eksemplar. Ia berharap, buku terbarunya tersebut dapat mewarnai jagat perpuisian Indonesia. Selain itu, ia juga berterimakasih kepada para pembaca sastra yang telah mengapresiasi karyanya tersebut.