Dok.Yohanes Eka Jaya Chandra

Yohanes Eka Jaya Chandra Konsumsi Makanan Mentah Harus Hati-Hati

Bagi Yohanes Eka Jaya Chandra yang merupakan pengusaha makanan sukses di Indonesia, mengonsumsi makanan mentah dapat memberikan dampak positif dan juga negatif terhadap kesehatan. Makanan mentah sebenarnya sangat baik bagi tubuh karena membantu mengurangi asupan makanan tinggi gula, tepung, dan gorengan. Terlebih bagi orang yang intesitas kerjanya tinggi seperti Yohanes Eka Jaya Chandra

makanan Yohanes Chandra Ekajaya

Menurut Yohanes Eka Jaya Chandra makanan mentah adalah makanan yang dikonsumi dalam kondisi mentah dan masih alami, tidak melalui proses pemasakan atau diproses dengan suhu kurang dari 46 derajat. Ada dua jenis makanan mentah yaitu nabati terdiri dari sayur, buah-buahan (raw) dan kacang-kacangan. Selain kacang-kacangan, produk hewani seperti susu, telur, ayam, daging, dan ikan tidak disarankan dimakan dalam bentuk mentah.

Hal yang sangat beresiko ketika memakan makanan mentah menurut Yohanes Eka Jaya Chandra adalah kandungan zat kimia yang terkandung. Keamanan pangan dari zat kimia pestisida, pengawet sayur/buah, serta bakteri dan parasit juga perlu diperhatikan saat kita memakannya dalam keadaan mentah jangan sampai terinfeksi parasit.

Dok.Yohanes Eka Jaya Chandra

 

Memasak makanan lebih dulu adalah salah satu upaya menghilangkan racun kimia, residu pestisida, serta bakteri dan parasit. Pada sayuran terdapat ulat sementara pada buah-buahan kandungan pestisidanya ada di kulit buah.

Bagi penggemar makanan Jepang seperti sushi sebenarnya ikan tidak murni mentah. Tapi melalui proses curing atau pengeringan sehingga tidak benar-benar mentah.

Membekukan makanan pun tak akan mematikan bakteri di dalamnya. Misalnya, daging dan ikan meski dibekukan, bakterinya tidak mati. Ketika makanan tersebut dicairkan/didinginkan bakterinya tetap ada.

Upayakan jangan mengonsumsi lebih dari 25% makanan mentah. Dengan begitu bisa didapat kebaikan dari serat alami dan zat gizi yang dibutuhkan tubuh dari makanan matang

Bagi Yohanes Eka Jaya Chandra konsumsilah makanan yang sehat tepat seperti meningkatkan konsumsi sayur dan buah untuk dikonsumsi.konsumsi sayur dan buah untuk standar nya adalah sehari mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 5 porsi.

Porsi sayur untuk makan pagi, siang, dan sore, ditambah snack yaitu buah-buahan. Biasakan mengonsumsi buah dan sayur sebagai snack bukan roti atau kue. Karena makanan bertepung dan gula meningkatkan risiko berbagai penyakit. Jangan lupa juga perhatikan pula proses memasak. Jangan terlalu lama memasak sayur agar vitaminnya tetap ada. Proses pemanasan yang dilakukan membuat sayur lebih gampang dicerna.