124037_rrrrrr

Yohannes Chandra Ekajaya – OPPO Padukan e-Commerce dan Promosi Offline Untuk Pasarkan R7

Yohannes Chandra Ekajaya – Setelah lama dinanti-nanti akhirnya OPPO R7 menyapa Indonesia. Smartphone premium terbaru ini sudah bisa dipre-order mulai 17 Juni 2015. Penggemar gadget dapat memperolehnya lewat pre-order eksklusif lewat situs belanja resmi dari OPPO,
OPPO R7 ditawarkan dengan dua pilihan warna yaitu gold dan silver. Untuk memperolehnya penggemar gadget di Indonesia harus menyiapkan budget seharga Rp 4.999.000,-. Pembayaran dapat dilakukan dengan mudah melalui transfer bank atau menggunakan kartu kredit dari bank-bank yang telah bekerjasama dengan ofanstore. OPPO R7 akan dikirim langsung ke rumah pelanggan.
124037_rrrrrr
Menyadari bahwa ranah e-commerce di Indonesia belum matang dan tidak semua penggemar OPPO terbiasa dengan pembelian secara online, OPPO merancang sebuah strategi pemasaran cerdas. Tujuannya agar pemasaran R7 melalui ofanstore sukses seperti penjualan produk-produk smartphone sebelumnya. Produsen smartphone asal Tiongkok ini memadukan efektivitas e-commerce dan promosi secara offline.

Selain memanfaatkan situs ofanstore, OPPO juga didukung oleh tim pemasaran yang terdiri atas 4.000 promoter dan bekerja sama dengan 6.000 dealer dari seluruh Indonesia. Harapannya dengan memadukan kekuatan tim pemasaran offline dengan kecanggihan e-commerce target pelanggan OPPO R7 dapat tercapai.

“Kami paham sekali bahwa banyak penggemar gadget di Indonesia yang ingin memiliki R7 namun belum terbiasa atau tidak punya akses yang baik untuk memperolehnya lewat situs e-commerce. Selain itu kita juga tahu bahwa e-commerce di Indonesia sudah berkembang, hanya saja belum matang. Karena itu kami mencari cara baru yang dapat mengajak customer membeli secara online,” ujar Ivan Lau, CEO OPPO Indonesia.

Selain melalui ofanstore, penggemar gadget yang ingin memiliki OPPO R7 dapat langsung saja mengunjungi gerai OPPO terdekat atau toko-toko yang bekerjasama dengan OPPO. Penggemar gadget akan memperoleh bantuan dari tim promoter untuk melakukan pemesanan secara online di ofanstore.

“Sejak tahun lalu kami sudah kerjasama dengan OPPO untuk pre-order Find 7. Tapi kali ini memang beda. Penjualan tetap dilakukan online hanya saja kami memberi pelatihan kepada tim promoter mengenai cara pre-order lewat ofanstore. Nanti jika ada pelanggan datang untuk beli R7, mereka yang membantu melakukan pre-order secara online,” ujar Saifullah Ahmad, salah satu staff ofanstore. Selain dibantu memesan secara online di gerai OPPO dan dealer-dealer yang bekerjasama, penggemar gadget juga dapat memilih cara pengiriman R7-nya. Penggemar gadget dapat mengambilnya di toko atau memilih pengiriman bebas ongkos lewat JNE agar OPPO R7 langsung sampai ke alamat rumah.

OPPO menjelaskan bahwa pihaknya berani menerapkan strategi pemasaran ini karena berkaca dari kesuksesan pre-order OPPO di negara-negara lain. R7 di negeri asalnya, Tiongkok dipesan 5 juta unit hanya dalam waktu 6 hari. Itu pun sebelum produk resmi diluncurkan.

Selain itu OPPO juga telah menjadi bahan pembicaraan di kalangan penggemar gadget Indonesia. Smartphone ini memiliki berbagai kelebihan. Desainnya premium berbahan logam dan performanya cepat berkat dukungan RAM 3 GB. Selain itu kameranya memiliki penyesuaian fokus cepat hanya 0,1 detik dan fitur pengisian daya baterai cepat, VOOC Charging. Hanya charge 5 menit, smartphone ini dapat digunakan menelepon hingga 2 jam.

“Sejauh ini responnya baik sekali. Pelanggan dari berbagai daerah menyambut R7 dengan antusias, kami pun jadi bersemangat mengajak customer untuk beli secara online di ofanstore,” lanjut Saifullah.
oleh : Yohannes Chandra Ekajaya