resep-cara-membuat-klapertart

Yohannes Chandra Ekajaya – Resep dan Cara Membuat Klapertart Tanpa Oven yang Lezat

Yohannes Chandra Ekajaya – Di Indonesia, kalpertart dikenal sebagai kue khas dari Manado, dengan bahan dasar kue adalah kelapa, susu, mentega, tepung terigu, dan juga telur. Merupakan adonan resep hasil modifikasi dari pengaruh saat zaman pendudukan bangsa Belanda di Manado.

Ada beberapa cara untuk mengolah klapertart, dipanggang atau tidak dipanggang. Karena klapertart termasuk pada jenis makanan yang tinggi kalori, tidak sedikit pengusaha kue yang melakukan modifikasi dan variasi campuran dengan menggunakan takaran yang seimbang dan mengupayakan agar kandungan kalorinya rendah.

Cukup banyak resep klapertart yang menggunakan lemak rendah kalori, dengan susu kalsium tinggi serta pemanis rendah kalori yang mana sangatlah berbeda dari resep kue klapertart biasanya.

Resep Klapertart Kelapa Manado

resep-cara-membuat-klapertart

Klapertart merupakan ikon dari daerah Sulawesi Utara, tepanya di Manado yang mana telah menjadi satu dari 30 jenis makanan khas Indonesia dari berbagai daerah. Seiring berkembangnya zaman dan beragamnya minat para pembeli, klapertart kini lebih dikembangkan menjadi kue dengan cita rasa beragam, mulai dari rasa durian, rasa cokelat, rasa keju, rasa blueberry, rasa rum raisin dan rasa original.

Anda yang gemar berlibur ke Manada, dapat mencoba mencicipi klapertart karena kue khas ini mudah untuk didapatkan. Simak dengan baik bagaimana cara pembuatan kue klapertart tanpa menggunakan oven untuk memanggang.

Bahan-bahan:

o Siapkan 200 ml susu cair

o Siapkan 250 ml santan dari seperempat butri kelapa

o Siapkan 2 lembar daun pandan

o Siapkan 25 gram maizena

o Satu sendok makan tepung terigu

o 75 gram gula pasir

o Setengah sendok teh garam

o Tiga butir telur yang dikocok lepas

o Setengah sendok teh pasta vanilla

o 100 gram kelapa muda yang telah dikeruk melebar

o 100 gram ubi ungu yang telah dikukus dan dipotong kotak

Bahan pelapis resep klapertart:

o Dua butir telur yang diambil kuning telurnya

o 50 gram gula pasir

o Dan 200 ml susu cair

Bahan taburan:

o Satu sendok teh cokelat bubuk

o Dan seperempat sendok teh bubuk kayumanis

Cara Membuat Klapertart

1. Rebus susu cair dengan santan, daun pandan, tepung terigu, maizena, dan garam serta gula pasir sampai menjadi kental serta meletup-letup.

2. Masukkan telur serta pasta vanilla dan aduk rata, lalu tambahkan kelapa muda juga ubi ungu dan kembali diaduk samapi merata.

3. Tuang adonan ke dalam loyang yang mana telah diolesi lelehan margarin sebelumnya dan kukus tepat di atas api yang kecil selama kurang lebih 45 menit sampai adonan matang.

4. Untuk pelapis, kocok gula pasir bersamaan dengan kuning telur hingga menjadi kental dan masukkan susu cair kedalamnya, aduk kembali sampai adonan merata dan tuangkan ke atas kue klapertart.

5. Kukus dengan api kecil selama 20 menit sampai matang dan taburkan bahan taburan setelah itu kue klapertart kukus siap untuk dihidangkan selagi hangat sebagai teman minum teh atau minum kopi.

Resep klapertart ini memudahkan Anda untuk mencoba membuat kue klapertart kukus, sangat berguna, terutama untuk yang tidak memiliki oven untuk memanggang klapertart.

Untuk lebih bervariasi lagi, Anda dapat menggunakan bahan taburan lainnya yang jauh lebih unik, seperti irisan kecil buah stroberi atau buah ceri yang segar, atau bisa juga dengan menggunakan bubuk vanilla. Nikmati hidangan lezat ini selagi kue klapertart masih hangat untuk nuansa kenikmatan yang lebih menggigit.

oleh : Yohannes Chandra Ekajaya