resep-cara-membuat-pempek-palembang

Yohannes Chandra Ekajaya – Resep dan Cara Membuat Pempek Palembang Sedap

Yohannes Chandra Ekajaya – Siapa yang tidak kenal dengan pempek Palembang, makanan khas dari Pelembang ini sangat populer di Indonesia bahkan hingga mancanegara. Perpaduan antara adonan pempek yang lembut dan renyah dengan saus pempek yang khas membuat ketagihan.

Mendapatkan pempek Palembang tidaklah sulit, karena hampir di setiap daerah di Indonesia ditemui beberapa kedai makan kecil atau besar dan pedagang pempek keliling yang menjual pempek Palembang dengan berbagai variasi rasa dan ciri khas.

Sayangnya, tidak semua pempek yang Anda temui di pinggir jalan atau di kedai makan menyajikan rasa yang sama dengan pempek Palembang sesungguhnya, banyak pedagang yang mempermainkan takaran bahan dengan asal sehingga menghasilkan pempek Palembang yang gagal.

Untuk mengobati kerinduan Anda akan kelezatan pempek Palembang, cobalah untuk membuat sendiri pempek Palembang di rumah dengan mengikuti resep pempek Palembang berikut ini.

Resep Pempek Palembang

resep-cara-membuat-pempek-palembang

Bahah utama:

a. Membuat pempek Palembang yang lezat dan benar-benar asli dengan cita rasa pempek Palembang dari Palembang mungkin tidaklah mudah, siapkan 1.5 kilogram tepung sagu dengan kualitas terbaik

b. Siapkan satu kilogram ikan belida giling/ikan tenggiri/ikan gabus

c. Siapkan satu sendok makan garam atau secukupnya

d. Siapkan satu bungkus bumbu penyedap

e. Siapkan satu cangkir air es yang sudah matang

f. Dan siapkan air yang telah direbus dan ditambahkan dengan 2 sendok makan minyak goreng

Resep pempek Palembang bahan kuah saus:

a. Sediakan 250 gram gula aren

b. Sediakan 50 gram air asam jawa

c. Sediakan satu liter air putih

d. Sediakan 200 gram bawang putih yang telah dicincang halus

e. Satu sendok teh garam

f. Dua sendok makan ebi yang telah dihaluskan

g. 15 buah cabai rawit yang sudah dihaluskan (bisa dikurangi bagi yang tidak suka peda)

Cara Membuat Pempek Palembang

1. Langkah pertama untuk membuat pempek Palembang adalah dengan mencampurkan ikan giling dan air es serta garam, bumbu penyedap untuk kemudian diaduk sampai adonan tercampur dengan baik.

2. Tambahkan tepung sagu dan aduk adonan sampai adonan kenyal dan tidak lengket, disarankan untuk tidak menambahkan tepung sagu terlalu banyak karena akan menghilangkan rasa ikannya

3. Bentuk pempek Palembang sesuai dengan selera, mulai dari bentuk lonjong hingga pempek kapal selam yang ditambahkan telur di dalamnya

4. Rebus pempek Palembang selama beberapa menit atau sampai semua adonan pempek mengapung, angkat dan tiriskan

5. Untuk membuat kuah saus pempek Palembang, mulai dengan memasukkan gula aren serta asam jawa ke dalam air dan rebus sampai mendidih, tambahkan bawang putih, ebi, cabai rawit, garam, dan direbus kembali sampai kuah mendidih. Setelah kuah saus pempek Palembang matang, angkat dan tiriskan

6. Sajikan pempek Palembang dengan semangkuk kecil kuah saus pempek Palembang dan nikmati selagi hangat

Resep pempek Palembang di atas, tidak terlalu sulit, bukan? Kesulitannya terletak pada saat Anda harus mencampurkan tepung sagu ke dalam adonan ikan, lakukan dengan sebaik mungkin agar adonan pempek Palembang terasa nikmat ketika matang nanti.

Membuat pempek Palembang sendiri tentunya jauh lebih terjamin, baik dari segi kebersihan dan kualitas bahan yang digunakan, Anda bisa berkreasi dengan adonan pempek Palembang yang Anda buat dan bisa menambahkan atau mengurangi bahan kuah saus sesuka hati, apabila Anda tidak suka kuah saus yang pedas.

Pempek Palembang juga disukai oleh anak-anak, Anda bisa menghidangkan semangkuk pempek Palembang dengan kuah saus yang tidak pedas, bukankah lebih baik menyediakan camilan sendiri di rumah dibandingkan dengan memberikan uang saku pada anak untuk jajan di luar rumah.

oleh : Yohannes Chandra Ekajaya